Minggu, 11 Januari 2015

10 Commandment Of Computer Ethics

10 Perintah Etika Komputer
 

1. Jangan menggunakan komputer untuk membahayakan orang lain.
Pada perintah tersebut dinyatakan dengan jelas bahwa dalam penggunaan komputer, perlu pertimbangan atas apa yang akan dilakukan dengan mengunakan komputer dan apa akibatnya ketika penggunaan komputer tersebut dilakukan. Yang dimaksud dengan membahayakan orang lain adalah tidak hanya membahayakan orang dalam sisi keselamatannya saja, namun membahayakan privasi juga termasuk suatu kegiatan yang dapat membahayakan orang lain. Jangan sampai seorang pengguna komputer menyebar luaskan informasi seseorang yang seharusnya tidak boleh sampai orang lain tahu dan dapat mengakibatkan si korban akan rusak nama baiknya dan kerugian-kerugian lain yang akan diterima korban.
Contoh kasus: mengirimkan virus komputer

2. Jangan mencampuri pekerjaan komputer orang lain.
Peraturan kedua tersebut dikeluarkan karena suatu pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan komputer akan sangat berbahaya jika orang lain yang tidak tahu apa-apa sampai ikut campur karena ada berbagai akibat buruk yang terjadi dengan pekerjaan tersebut seperti terhapusnya file, kerusakan file dan akibat lainnya yang menyebabkan suatu pekerjaan yang telah atau sedang dikerjakan menjadi sia-sia. Suatu data atau informasi yang tersimpan didalam komputer bisa saja hilang dan terhapus hanya dengan satu klik dari mouse atau keybord.
Contoh kasus: mengubah pekerjaan orang lain tanpa izin

3. Jangan mengintip file orang lain.
Setiap orang, instansi atau bahkan suatu negara pasti mempunyai informasi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain ataupun masyarakat luas dan informasi tersebut bisa saja tersimpan didalam suatu file komputer. Karena itu mengintip file rahasia orang lain sangat dilarang dan banyak dampak negatif yang mungkin akan diterima oleh korban jika rahasianya sampai diketahui orang lain. Dapak negatif tersebut mungkin saja adalah rasa malu, rusaknya nama baik atau bahkan keselamatan korban bisa terancam
Contoh kasus: melihat file orang lain tanpa izin

4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri.
Pada era modern ini, banyak teknik atau metode yang dapat dilakukan menggunakan perangkat komputer untuk mencuri, baik mencuri harta ataupun mencuri data dan informasi. Kasus yang saat ini marak terjadi adalah pencurian uang dengan memanfaatkan mesin ATM. Dengan menggunakan teknik tertentu, suatu PIN seorang nasabah dengan mudah dapat diambil atau diketahui oleh pelaku sehingga uang yang tersimpan diakun nasabah tersebut bisa diambil pelaku. Data dan informasi juga menjadi sering menjadi objek pencurian karena pada saat ini, nilai data dan informasi sangat berharga. Bagi suatu perusahaan, data dan informasi mempunyai peranan penting dalam kelangsungan perusahaan tersebut.
Contoh kasus: membuat usaha online untuk menipu orang

5. Jangan menggunakan komputer untuk bersaksi dusta.
Komputer dapat digunakan sebagai alat pemrosesan data dan data itu sendiri dapat berupa angka, huruf, gambardan video. Dengan menggunakan perangkat komputer, suatu gambar atau video dapat diubah oleh seseorang sehingga menghasilkan sesuatu yang sangat baik dan dapat juga menghasilkan sesuatu yang buruk. dengan teknik pengeditan yang baik, suatu kenyataan yang tersimpan didalam gambar atau video dapat dimanipulasi sehingga jika orang lain yang melihatnya dan tidak tahu bahwa gambar atau video tersebut telah dimanipulasi akan mengira bahwa gambar atau video tersebut merupakan kejadian nyata yang telah terjadi. Karena itu sangat berbahaya jika seseorang melakukan manipulasi dengan tujuan jahat dan hasil manipulasi tersebut diperlihatkan kepada orang lain.
Contoh kasus: mengedit Photo untuk tujuan yang tidak baik

6. Jangan menggunakan atau menyalin perangkat lunak yang belum kamu bayar.
Sebuah perangkat lunak yang diciptakan seorang programmer dapat sangat membantu suatu perkerjaan dan untuk memilikinya sesorang harus membeli perangkat lunak tersebut. Penjualan perangkat lunak yang telah diciptakan bermaksud untuk menghargai jerih payah seorang programmer dalam menciptakannya. Karena untuk menciptakan sebuah perangkat lunak bukan lah hal yang mudah, dibutuhkan pengorbanan waktu, uang dan pikiran untuk menciptakan perangkat lunak yang diinginkan. Menyalin tanpa izin perangkat lunak untuk disebar luaskan atau bahkan diperjual belikan sangat dilarang karena pengorbanan yang telah dikeluarkan oleh pencipta perangkat lunak tersebut menjadi sia-sia dan tidak sebanding dengan apa yang dia dapatkan.
Contoh kasus: Menggunakan Software bajakan

7. Jangan menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi.
Banyak orang-orang yang dengan sengaja menggunakan sumber daya komputer tanpa mempunyai otoritas. Hal tersebut seringkali dimaksudkan untuk kepentingan individu ataupun suatu kelompok. Menggunakan sumber daya komputer secara tidak sah sangat berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan terhadap sistem, baik sistem komputer itu sendiri maupun sistem yang lebih besar.
Contoh kasus: Menggunakan sumber daya komputer secara tidak sah.

8. Jangan mengambil hasil intelektual orang lain untuk diri kamu sendiri.
Banyak hasil intelektual berupa penulisan yang dapat ditemukan didunia internet. Namun jika seseorang ingin menggunakan hasil intelektual tersebut untuk suatu kepentingan, tidak boleh hanya mengambilnya dan mengakui bahwa itu hasil intelektual sendiri. jika ingin menggunakannya, seseorang harus meminta izin dari penulis atau memasukkannya kedalam penulisan dengan menyertakan sumber asal hasil intelektual tersebut.
Contoh kasus: mengambil  hasil artikel orang lain tanpa mencantumkan sumber

9. Pikirkanlah mengenai akibat sosial dari program yang kamu tulis.
Penulisan program berbahaya sangat dilarang karena dapat menyebabkan dampak yang buruk bila program tersebut dijalankan. Seorang programmer jahat bisa saja menulis program yang dimaksudkan untuk menyerang suatu file komputer yang diaggap penting ataupun menyerang sistem hingga file atau sistem tersebut hilang atau hancur yang tentunya akan berdampak buruk terhadap korban.
Contoh kasus: mengirimkan virus yang merusak system

10. Gunakanlah komputer dengan cara yang menunjukkan tenggang rasa dan rasa penghargaan.
Perintah kesepuluh ini dimaksudkan agar seseorang dapat menggunakan komputer dengan tujuan baik sehingga dapat membantu orang lain dalam hal mempermudah pekerjaan atau mengatasi masalah yang terjadi. Dan sebagai timbal balik atas tindakannya yang sudah membantu, seseorang yang telah terbantu tersebut sebaiknya memberikan penghargaan. Pemberian penghargaan dapat dilakukan dengan berbagai cara.
Contoh kasus:  seorang programmer menciptakan suatu aplikasi dengan tujuan untuk mempermudah dalam pencatatan akuntansi, dan untuk orang yang membutuhkan, sebaiknya membeli aplikasi ini dan bukannya menyalin tanpa izin. Contoh lainnya adalah dalam hal penggunaan social media janganlah seorang pemilik akun menjelek-jelekkan member lainnya dan sebaliknya jadikanlah social media ini sebagai media untuk meluaskan pertemanan.


referensi sumber : http://gunarboy.blogspot.com/2014/03/jurnal-etika-penggunaan-komputer.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar